Ketahui Manfaat Lemak Tak Jenuh Daging Ayam

By. Agritio Amanusa - 05 Apr 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang dapat juga disebut sebagai lemak yang sehat karena dapat berperan dalam membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan obesitas. Lemak tak jenuh dapat ditemukan dalam jumlah yang cukup signifikan dalam daging ayam. Berikut ini peembahasan lebih lanjut tentang lemak tak jenuh daging ayam dan manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga: Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Juiceness Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging merah. Namun, daging ayam tetap mengandung lemak dan beberapa jenis lemak yang terkandung dalam daging ayam adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang memiliki struktur kimia yang berbeda dengan lemak jenuh dan lemak trans. Lemak tak jenuh terdiri dari dua jenis, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Baca Juga: Penyebab Kenaikan Harga Ayam di Indonesia

Lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang terkandung dalam minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Sedangkan lemak tak jenuh ganda dapat ditemukan dalam ikan, biji-bijian, dan kedelai. Daging ayam mengandung kedua jenis lemak tak jenuh, namun jumlahnya lebih banyak pada lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh dalam daging ayam memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Lemak tak jenuh dalam daging ayam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis
Lemak tak jenuh dalam daging ayam juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan obesitas. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh dapat membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki sensitivitas insulin dalam tubuh.

Baca Juga: Tujuan Teknik Pengasapan Pada Daging Ayam

3. Menjaga Berat Badan
Meskipun daging ayam mengandung lemak, namun lemak tak jenuh dalam daging ayam dapat membantu menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

4. Memperbaiki Kesehatan Kulit
Lemak tak jenuh dalam daging ayam juga dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mengurangi risiko terkena kerusakan akibat paparan sinar UV.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp