Kenali Ciri Daging Ayam Yang Tidak Sehat

By. Agritio Amanusa - 24 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Daging ayam broiler adalah satu dari beberapa sumber protein hewani yang dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, tidak semua daging ayam aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan saat memilih dan memasak daging ayam agar terhindar dari risiko kesehatan. Berikut merupakan ciri-ciri daging ayam tidak layak konsumsi dan haru dihindari:

Baca Juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Penyakit Pada Broiler

1. Bau busuk atau asam
Bau busuk atau asam pada daging ayam merupakan tanda kerusakan pada daging ayam. Hal ini dapat terjadi akibat bakteri, jamur, atau virus yang berkembang biak pada daging ayam dengan penyimpanan yang tiak baik atau terlalu lama. Bau busuk atau asam yang kuat pada daging ayam harus dihindari, karena dapat mengakibatkan keracunan makanan.

2. Perubahan warna menjadi tidak alami
Daging ayam yang segar harus memiliki warna yang merata dan cerah. Jika warna daging ayam terlihat berubah menjadi keabu-abuan atau kecoklatan, dapat dipastikan daging tersebut sudah rusak atau telah dibiarkan terlalu lama. Selain itu, jika warna daging ayam terlihat tidak alami atau terlalu pucat, hal ini bisa menandakan adanya bahan kimia atau zat pengawet yang digunakan untuk memanipulasi warna daging tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Jenis Karkas Pada Ayam Broiler

3. Konsistensi yang tidak normal
Daging ayam segar memiliki konsistensi yang kenyal dan padat. Namun, jika konsistensi daging ayam terlihat lembek atau lunak,  daging tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Konsistensi yang tidak normal pada daging ayam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk bakteri atau jamur yang telah tumbuh pada daging tersebut.

4. Adanya lendir atau lendir berwarna
Adanya lendir pada daging ayam juga bisa menjadi tanda bahwa daging tersebut sudah rusak atau terkontaminasi oleh bakteri atau virus. Lendir pada daging ayam harus dihindari karena dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Selain itu, jika lendir pada daging ayam berwarna, misalnya hijau atau kuning, ini menandakan adanya bakteri atau virus yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Ketahui SNI Pada Karkas Ayam Broiler

5. Tanggal kadaluarsa yang sudah terlewat
Tanggal kadaluarsa pada kemasan daging ayam juga perlu diperhatikan. Daging ayam yang telah melewati tanggal kadaluarsa tidak boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan keracunan makanan. Pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada kemasan daging ayam sebelum membeli atau mengkonsumsinya.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp