Tips Aman Dalam Menyimpan Daging Ayam

By. Agritio Amanusa - 27 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.idPenyimpanan daging ayam yang tepat sangatlah penting untuk diketahui guna mencegah kerusakan dan kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit. Berikut adalah tips menyimpan daging ayam dengan benar:

Baca Juga: Perbedaan Jenis Karkas Pada Ayam Broiler

1. Perhatikan suhu penyimpanan 
Suhu yang tepat adalah faktor penting dalam penyimpanan daging ayam. Daging ayam harus disimpan dalam suhu yang rendah dan stabil, biasanya antara 0-4 derajat Celsius. Pastikan untuk memeriksa suhu pada thermometer untuk memastikan bahwa suhu yang sesuai terjaga.

2. Perhatikan kemasan
Kemasan yang tepat untuk membungkus daging ayam yaitu kemasan rapat yang kedap udara dan tahan air. Jangan biarkan daging ayam terkena udara atau kelembaban karena dapat mempercepat kerusakan daging.

Baca Juga: Macam Jenis Karkas Ayam Broiler

3. Jangan mencuci daging ayam sebelum disimpan
Mencuci daging ayam sebelum penyimpanan dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang dan mempercepat pembusukan daging. Jika perlu, cuci daging ayam sebelum pengolahan dan pastikan untuk mencuci tangan dan alat-alat yang digunakan dengan bersih setelah menangani daging ayam mentah.

4. Pisahkan daging ayam dari bahan makanan lain
Jangan menyimpan daging ayam bersama dengan bahan makanan lainnya, terutama bahan makanan yang akan dimakan mentah seperti sayuran atau buah-buahan. Hal ini dapat juga meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Baca Juga: Daging Ayam Broiler Yang Tidak Layak Konsumsi

5. Jangan biarkan daging ayam terlalu lama disimpan
Pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada kemasan daging ayam dan simpan daging ayam tidak lebih dari 2-3 hari dalam lemari es. Jika Anda tidak akan memakai daging ayam dalam jangka waktu yang singkat, Anda bisa membekukan daging ayam dalam freezer.

6. Bekukan daging ayam dengan tepat
Jika ingin membekukan daging, pastikan simpan dalam freezer pada suhu -18 derajat Celsius atau lebih rendah untuk memastikan kualitas daging ayam terjaga. Pastikan untuk mencatat tanggal pembekuan dimana daging akan awet dalam waktu 4 bulan.

7. Jangan membekukan daging ayam yang sudah dibekukan
Membekukan daging ayam yang sudah dibekukan dapat mempercepat kerusakan daging dan mengurangi kualitas daging ayam. Pastikan untuk memasukkan daging ayam ke dalam freezer segera setelah membelinya .




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp