Tips Cara Menyimpan Daging Yang Benar Agar Awet dan Tidak bau

Tips Cara Menyimpan Daging Yang Benar Agar Awet dan Tidak bau

Bagikan ke

Hallo Bunda…

Bunda jangan bingung yah, kalo punya stok daging yang berlimpah di rumah.

 Nggak mungkin, kan, kalau semua daging itu kita  habiskan langsung dalam sehari?

Tenang, jangan panik

Bunda bisa menyimpan stok daging, di rumah dengan cara-cara di bawah ini.

Jika disimpan dengan cara yang benar, daging ternyata bisa bertahan hingga berbulan-bulan, lho,

Langsung simak aja Yuk, Tips bagaimana cara menyimpan daging agar tidak mudah busuk dan bau ;

1. Untuk daging ayam cuci bersih sebelum disimpan, agar bebas dari bakteri dan kuman. untuk daging sapi bisa langsung disimpan tanpa di cuci terlebih dahulu

2. Simpan daging dalam wadah kedap udara seperti wadah plastik maupun plastik vakum, ya!

3. Jika dagingnya chilled lalu disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu -18 derajat celcius. Dengan suhu tepat, daging bisa bertahan hingga 3-4 bulan, lho!

Nah, jika daging beku/frozen di simpan dalam lemari pedingin -18 derajat celcius kualitas daging bisa bertahan sampai 6 bulan, wow keren!

4. Marinasi atau melakukan pengasinan daging dengan bumbu dasar (bawang putih, garam, gula, dan kunyit) ternyata juga bisa membuat daging lebih awet, karena rempah, garam dan gula termasuk bahan pengawet alami.

5. Jangan mencampur beberapa jenis daging dalam satu wadah untuk di penyimpanan dalam waktu yang lama.

Agar lebih awet, letakan daging satu dan lainnya dalam wadah yang terpisah untuk menghindari proses pembusukan yang lebih cepat.

6. Sebaiknya daging di potong kecil dan di kemas per porsi, kemudian dibekukan. Gunanya, selain untuk menghindari perkembangbiakan bakteri pada daging yang sudah mencair, juga untuk memudahkan mengambil daging sesuai kebutuhan.

7. Sebelum disimpan, akan lebih baik untuk mengeringkan daging lebih dulu bisa dengan di tiriskan atau dengan tisu dapur. Hal ini dikarenakan bakteri akan mudah muncul dipermukaan yang lembap.

8. Untuk jeroan proses pembusukannya lebih cepat dibanding daging.maka simpanlah secara terpisah dengan bagian daging untuk menghindari kontaminasi silang.

9. Jika daging sudah mencair atau sudah dithawing jangan dimasukan kembali ke dalam kulkas karena akan merusak kualitas daging. Jadi, lebih baik diolah saja jadi masakan lezat, Semoga bermanfaat..!!.

sumbermakanan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *