Manfaat Lemak Daging Ayam Untuk Tubuh

By. Agritio Amanusa - 27 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Daging ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang cukup diminati di seluruh dunia. Selain dikarenakan rasanya yang lezat, daging ayam juga memiliki nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh selain protein, salah satunya adalah lemak. Meskipun sering dianggap sebagai bahan makanan yang kurang sehat karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi, namun sejatinya lemak daging ayam memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lemak daging ayam yang perlu diketahui:

Baca Juga: Ketahui Ciri Daging Ayam Sehat Yang Aman Dikonsumsi

1. Sumber Energi
Lemak dalam daging ayam berfungsi sebagai sumber energi yang penting bagi tubuh. Lemak memberikan lebih dari dua kali lipat energi daripada protein atau karbohidrat. Dengan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang tepat, Anda akan merasa lebih bertenaga dan dapat melakukan aktivitas dengan lebih baik.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Meskipun lemak daging ayam mengandung lemak jenuh, namun jenis lemak ini tidak sepenuhnya buruk bagi kesehatan. Konsumsi lemak jenuh yang sehat dalam jumlah yang tepat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh yang sehat terdapat dalam daging ayam seperti omega-3 dan omega-6 asam lemak.

Baca Juga: Kenali Ciri Daging Ayam Yang Tidak Sehat

3. Nutrisi untuk perkembangan otak
Lemak juga penting untuk perkembangan otak yang sehat. Asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam lemak daging ayam membantu membentuk struktur sel otak untuk meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Lemak dalam daging ayam juga mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, yang keduanya penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Baca juga: Perbedaan Jenis Karkas Pada Ayam Broiler

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Lemak dalam daging ayam juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Lemak membantu menjaga kelembapan kulit dan rambut, sehingga kulit dan rambut tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Namun, perlu untuk diingat bahwa tidak semua jenis lemak daging ayam baik untuk kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi lemak dalam jumlah yang tepat




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp